Selasa, 16 Oktober 2012

MENEMPATKAN SIWT & KOMPONEN DLM BOX



TAHAP 3
Penempatan didalam BOX hitam.

Pertama tama yang harus kita persiapkan adalah
1 Buah box hitam ukuran 5cm x 7.5cm
1 Buah switt on/of untuk pemutus lampu led.
1 Buah sambungan conektor RG11
1 Buah conektor RG11
1 Buah led sinar merah untuk indikator charger
1 Buah soket kable AC.
   Solder yang sudah di modip untuk dijadikan alat pemotong untuk membuat lobang switt.dan lobang sambungan conektor RG11.



URUTAN PEMBUATAN
Letakkan switt on/of dimana kita akan menentukan posisinya yang bagus menurut kita.kemudian ukur panjang switt dan lebarnya dan tandai dengan spidol tahan air.setelah ukuran pas kemudian lobangi dengan solder.ingat saat melobangi dengan solder usahakan lobang yang dibuat harus sedikit kecil beberapa mm dr ukuran sebenarnya.ini untuk mendapatkan posisi switt yang pas dan tidak kendor saat dipasang ke dlm lobang yng sdh dibuat. ( lihat gambar dibawah )

Setelah switt terpasang dengan rapi, kita kembali memasang sambungan socet RG11 yang mana nanti sambungan ini berpungsi untuk menghubungkan kable dari batry dlm box ke layar LED yang akan kita pasang diatas box hitam.caranya sama seperti diatas ukur dan tentukan posisinya jangan sampai mengganggu komponen yang ada di dalam box. ( lihat gambar )
ingat pemasangan tidak boleh dari atas box tapi dari dalam box.


Setelah semuanya terpasang dengan rapi, dan dilem mana yang menurut kita perlu dilem atau dibuat sekat masing2 supaya posisi komponen didalam box tidak saling bebenturan.usahakanlah masing2 komponen didalam box betul kokoh dan tidak tergeser saat box dalam posisi tegak ataupun miring.
Hubungkan komponen2 didalam sesuai dengan skematik yang sudah ada.perhatikan baik2 jangan sampai kable dc batry maupun lampu led tertukar dengan kable AC input charger.karna input charger tersebut bertegangan 220v ac. ( lihat skematik dibawah )

 Keterangan skematik
+ - Batry dihubungkan dengan elemen batry 4.8v dc
+ - lampu dihubungkan dengan lampu led yang sdh kita susun di pcb berlubang sebanyak 32 bh.
      melalui socet sambungan RG11 yang sdh terpasang.
      input ac 220v ac akan kita hubungkan ke socet ac sebagai suplay tegangan 220v ac dirumah kita.
Demikian dulu penjelasan saya.semoga bermanfaat.dan selanjutnya kita akan membahas pembuatan layar LED untuk lampu EMERGENCI yang akan kita letakkan posisinya diatas BOX hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar